Puding Klasik Santan Gula Merah (hanya 7 Bahan)

Reviana Novitasari
Ulasan : 4.5 ⭐ dari 2366
⌛ 20 menit
🗒️ 7 bahan
👩‍🍳 1 loyang

Siapa bilang puding klasik santan gula merah sulit dibuat? Di blog resep kami, Anda akan menemukan resep puding klasik santan gula merah yang maknyus dan tidak sulit dibuat dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Hanya dengan 7 bahan, kamu sudah bisa membuat puding klasik santan gula merah yang higienis untuk keluarga tanpa perlu membeli di luar lagi.

Marilah, simak resep lengkapnya dan jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep ini hari ini!

Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)

Bahan-bahan

  • 800 ml air putih
  • 150 gr gula merah, disisir
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 lbr daun pandan
  • 200 ml santan instant (kara)
  • 1 bks agar agar swallow plain (bening tanpa warna)
  • 1/2 sdt garam
⚡ Sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkah pembuatan "Puding Klasik Santan Gula Merah (hanya 7 Bahan)", sebaiknya Anda membaca tips kesehatan singkat yang menarik berikut ini :

Atau 👇 lihat langkah pembuatan

Bila semua bahan telah disiapkan kita lanjut untuk langkah pembuatannya.
Berikut 5 langkah gampang untuk membuat puding klasik santan gula merah :

Langkah pembuatan

  • Air, gula merah, gula pasir, daun pandan dimasak bersama hingga gula larut saja (tdk perlu mendidih), angkat, kemudian saring sehingga kotoran dr gula merah bisa disisihkan

    Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)video cara membuat Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)

  • Tuang kembali air gula merah yg sudah bersih tadi ke panci baru, masukkan agar2 dan garam kedalamnya, nyalakan api, aduk2 hingga mendidih cairan agar dan gulanya

    Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)video cara membuat Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)

  • Masukkan santan instantnya, aduk2 rata, hingga kemudian mendidih lagi, setelah 2-3 menit, matikan api, angkat n keluarkan daun pandannya.

    Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)video cara membuat Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)video cara membuat Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)

  • Setelah agak turun suhunya, tuang adonan puding ke dalam cetakan. Jika ada banyak buih2, dibuang buih busanya supaya tampilannya tetap cantik. (Nanti setelah dingin bagian coklat dan santannya akan pisah sendiri) Simpan di kulkas +/- 2 jam, setelah set dan dingin, keluarkan pudingnya dr cetakan, siap utk dihidangkan

    Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)video cara membuat Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)video cara membuat Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)

  • Tips utk melepas puding dr cetakan: sisipkan 1 bh tusuk gigi bersih ke pinggiran puding, baru ditelungkupkan cetakannya, maka puding akan mudah meluncur keluar dr loyangnya

    Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)Puding Klasik Santan Gula Merah (Hanya 7 bahan)

Kami yakin jika Anda mengikuti resep yang kami sajikan ini dengan benar mulai dari bahan-bahan hingga langkah-langkahnya maka mampu mendapatkan hasil yang sempurna.

Bila situs ini bermanfaat, jangan lupa simpan halaman ini dan bagikan ke keluarga, teman-teman atau kerabat Anda.

Resep lainnya…